#

Empat Program Studi STT Ronggolawe Meraih Peringkat Akreditasi Baik Sekali

By: p2m 2023-12-26 50

Akreditasi adalah pengakuan terhadap Perguruan Tinggi (PT) atau Program Studi (Prodi) yang menunjukkan PT atau Prodi tersebut dalam melaksanakan program pendidikan dan mutu lulusan yang dihasilkannya telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Penetapan peringkat akreditasi oleh LAM dilakukan dengan menilai proses dan kinerja serta keterkaitan antara tujuan, masukan, proses dan keluaran suatu perguruan tinggi atau Prodi.

Ketua Pusat Penjamian Mutu (P2M) Eva Hertnacahyani H, S.T M.T menyatakan “Progress capaian akreditasi Prodi di lingkungan STT Ronggolawe memuaskan, sampai saat ini per Desember 2023 telah mengalami peningkatan. Ada 3 prodi yang mendapatkan akreditasi Baik Sekali oleh LAM TEKNIK, yaitu Prodi Teknik Sipil-S1 (Nomor:0345/SK/LAM Teknik/AS/XII/2023), Prodi Teknik Mesin-S1(Nomor:0403/SK/LAM Teknik/AS/XII/2023), dan Prodi Teknik Mesin-D3 (Nomor:0053/SK/LAM Teknik/VD3/IV/2023). Sedangkan Prodi Informatika-S1 (Nomor:030/SK/LAM-INFOKOM/Ak.P/S/XII/2023) mendapatkan akreditasi Baik Sekali  oleh LAM INFOKOM.”

Pencapaian peringkat akreditasi ini merupakan langkah awal dalam mencapai visi STT Ronggolawe yang menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi unggul di tingkat nasional dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pada tahun 2033.

Akreditasi sendiri merupakan bagian dari tahapan evaluasi eksternal selain evaluasi internal yang diakukan setiap tahun melalui audit mutu internal untuk menunjukkan keberlangsungan implementasi SPMI pada perguruan tinggi. Menyikapi hal tersebut, UPT. P2M gencar melaksanakan orientasi dan sosialisasi ke semua prodi dan unit untuk lebih peduli mutu. UPT. P2M dalam mendampingi atau mengawal proses akreditasi tidak dapat berjalan tanpa dukungan dan kerja keras semua civitas akademika STT Ronggolawe.