Home
Pages
Profil Kampus

Profil Kampus


Sejarah Singkat Berdirinya STTR Cepu

Himpunan Warga Purna Yudha Ronggolawe (HWPYR) sebagai Ketua Umumnya adalah Let. Jend. Purn. Rukmito Hendraningrat (almarhum) Ketua I May. Jend. Purn. H. Munadi, Ketua II May. Jend. Purn. H.R. Mardanus dan Anggotanya terdiri atas para eks pejuang Divisi V/Brigade I Ronggolawe. Memiliki ide mendirikan Akademi Teknologi Ronggolawe Cepu ; untuk realisasi tujuan tersebut ada 3 (tiga) tahap yang dilakukan yaitu :

1.   TAHAP PERTAMA : MENGADAKAN REUNI DIVISI V BRIGADE I RONGGOLAWE
Pada tanggal 3 April 1985 di gedung Sasono suko Jl. Ronggolawe Cepu telah berlangsung Reuni Eks. Divisi V/ Brigade I Ronggolawe yang antara lain dihadiri oleh Jenderal Rudini (saat itu menjabat KSAD) mewakili Panglima ABRI.
2.   TAHAP KEDUA : MENDIRIKAN MONUMEN RONGGOLAWE
Monumen Ronggolawe di Cepu, Kabupaten Blora telah diresmikan oleh Let. Jend. Purn. GPH. Djatikusumo (alm), pada tanggal 10 Nopember 1986 dengan prasasti tertanggal 3 April 1985. Pada peresmian Monumen Ronggolawe dihadiri oleh Let. Jed. L.B. Moerdani (saat itu menjabat Menteri Pertahanan dan Keamanan) para Pejabat Daerah dan tokoh masyarakat serta para anggota HWPYR.
3.   TAHAP KETIGA : RENCANA PENDIRIAN AKADEMI TEKNOLOGI RONGGOLAWE CEPU
Ide dari Himpunan Warga Purna Yudha Ronggolawe mendirikan Monumen Hidup dalam bentuk Akademi Teknologi Ronggolawe Cepu adalah sebagai rasa peduli kepada masyarakat atas jasa-jasanya dalam masa perjuangan serta mengingatkan kota Cepu merupakan tempat kedudukan Markas Komando Divisi V/Brigade I Ronggolawe. Ide tersebut mula-mula dirintis oleh sekelompok anggota eks Pasukan Ronggolawe yang berdomisili di Blora. Guna meningkatkan dan mempercepat terwujudnya gagasan yang mulia tersebut, Himpunan Warga Purna Yudha Ronggolawe Pusat yang berkedudukan di kota Jakarta membentuk Panitia Persiapan Pendirian Akademi Teknologi Ronggolawe Cepu dan menunjuk saudara Ir. Muchtisar Daeng Putra (pada waktu itu menjabat Kepala PPT Migas Cepu) sebagai Ketua.
4.   TAHAP KEEMPAT : PERUBAHAN BENTUK LEMBAGA ATR CEPU MENJADI STTR CEPU
Sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan, ATR Cepu lewat Yayasan Pembina ATR pada awal tahun 2003 mengajukan perubahan bentuk lembaga, ATR Cepu yang semula mengelola tiga program studi menjadi enam program studi dengan jenjang pendidikan S1 dan DIII ke Menteri Pendidikan Nasional. Pada bulan Agustus 2003 melalui surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional menyetujui perubahan bentuk tersebut dengan Keputusan Nomor : 118/D/O/2003 tanggal 5 Agustus 2003. Sejak tanggal tersebut ATR Cepu penyelenggaraan pendidikan dialihkan ke Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe Cepu.